Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Keluarga Karunia Sejahtera (K3S) Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan anggota koperasi keluarga karunia sejahtera di Gresik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Dengan sample sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dengan menggunakan spss, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan metode Cronbach Alpha dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai regresi 0,407 dan signifikan t sebesar 0,030. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai regresi 0,398 dan signifikan t sebesar 0,034. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan anggota (adjusted R Square) adalah 0,622. Hasil uji F di dapat F hitung (82,309) dengan signifikansi (0,000) < alpha (0,10) dengan demikian Ho ditolak. Ini berarti secara simultan model penelitian yang terdiri dari variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan anggota.
Downloads
References
Aprilinda dan Islandscript.2011. Kursus Kilat SPSS untuk UKM. PT Alex Media Komputindo. Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lamb.Hair.Mc Danienl 2001. Pemasaran. Jilid. 1. Jakarta. Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran jasa, Jakarta: Salemba Empat
Maharani. 2010. “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomi.
Mowen, j. Dan minor, m. 2012. Perilaku konsumen. Jakarta : erlangga.
Ni Putu Lenny Pratiwi dan Ni Ketut Seminari. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal Manajemen Vol .4 No 5.
Niken Kusdayanti. 2016. Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sampara, 2000. Manajemen kualitas pelayanan, jakarta : STIA Lan Press.
Septi Purwaningsih, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Motivasi Anggota Dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (Kpri) Neu Rsud Banyumas. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Sugiyanto, 2018. Pengaruh Pelayanan dan Pengelolaan Usaha Koperasi Terhadap Partisipasi Menurut Persepsi Anggota Koperasi Simpan Pinjam Parit Culum. Artikel Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrino, Dwi Cahyono dan Nurul Qomariah. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Serta Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 7, No 2.
Thalia Claudia Mawey, Altje L.Tumbel dan Imelda W.J. Ogi. 2018. Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Terhadap Kepuasan Nasabah PT bank Sulutgo. Jurnal EMBA. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.
Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality & Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. W. Eliyanti, N.Sutjipto dan I Gede Setiawan Adi Putra. 2016. Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 4 No 1.
Wibowo (2011). Budaya Organisasi Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Edisi ke-1. Cetakan ke-2. Jakarta: Rajawali Press.
Copyright (c) 2020 Fatmawati, zainab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.