PENGEMBANGAN PROMOSI BRAND LOKAL BAGI KONTRIBUSI UMKM KABUPATEN LABUHANBATU
Abstract
ABSTRAK
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang disebut juga dengan UMKM adalah elemen bisnis yang tidak memiliki keterkaitan dengan organisasi tertentu. UMKM menjadi cepat dan memainkan peran penting bagi perekonomian. Prinsip pencegah yang dilirik oleh para pelaku UMKM penghibur adalah kesulitan memajukan barang dagangannya secara luas dan ini terjadi pada hampir semua UMKM, termasuk UMKM. Kabupaten Labuhanbatu. Tujuan penelitian ini sebagai kajian mengenai peran dalam mengembangkan brand local bagi kesejahteraan usaha masyarakat kelas menengah. Brand lokal merupakan hasil karya baik seni maupun benda yang diciptakan oleh masyarakat pribumi daerah setempat ia tinggal. Pengembangan promosi brand lokal ditujukan untuk memperluas cakupan pasar sehingga dikenal luas oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan brand eksport terkenal dari luar negeri. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, analisis data diambil dari pengamatan dan observasi online serta kajian referensi. Observasi online dipakai karena menjadi sarana efektif untuk melihat perkembangan promosi di dunia digital yang kemudia diterapkan untuk menjadi bahan evaluasi bagi kontribusi UMKM. Hasil penelitian menunjukkan UMKM dalam mengepakkan sayap untuk dikenal masyarakat dibutuhkan promosi pengembangan yang konsisten dan kreatif agar tetap eksis berdiri.
ABSTRAC
Micro, Small and Medium Enterprises or better known as MSMEs are business entities that have no connection with certain companies. MSMEs are growing very rapidly and have an important role for the economy. The main obstacle faced by MSME actors is the difficulty of promoting their products widely and this occurs in almost all MSMEs, including MSMEs in Labuhanbatu Regency. The purpose of this research is to study the role in developing local brands for the welfare of the middle class community. Local brands are works of art and objects created by the indigenous people of the local area where they live. The development of local brand promotions is aimed at expanding market coverage so that it is widely known by the public and able to compete with well-known export brands from abroad. The research method uses a qualitative approach, data analysis is taken from online observations and observations as well as reference studies. Online observation is used because it is an effective means to see the development of promotions in the digital world which is then applied to become an evaluation material for the contribution of MSMEs. The results of the study show that SMEs in flapping their wings to be known by the public need consistent and creative development promotions in order to continue to exist.
Downloads
References
Ahsyar Khairil Tengku, Syaifullah & Ardiansyah. 2020. E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi,6(1).
Analisis Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Pengembangan Umkm. 2013. Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri Badan Pengkajian Dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan Kementerian Perdagangan
Dwi Jatmika Emma Septian, Dkk. Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Yogyakarta : K-Media
Farida, Nugrahani, Dr. M.Hum. 2021, Desember 15. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. Http://Digilibfkip.Univetbantara.Ac.Id/Materi/Buku.Pdf
Jasmani. 2018. Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan (Studi Pt. Baja Perkasa Jakarta). Jurnal Semarak, 1(3), 142-157
Kemenkopukm.go.id. Diakses pada tanggal 15 Desember 2021 file:///C:/Users/acer/Downloads/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf
Nabila, Ghassani. 2015. “Kemitraan Pengembangan UMKM” (Studi Deskriptif Tentang Kemitraan PT. PJB (Pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Pengembangan Umkm Kabupaten Gresik). Kebijakan dan Manajemen Publik, 3(2).
Nisa, Amalina Setiawan. 2014. Trikonomika 13(2), 184–194
Yuli, Suci Rahmini. Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos.
Raco J.R Dr. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta : Grasindo
Copyright (c) 2023 Muhammad Alwan Atha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.