Laba Memprediksi Arus Kas Masa Depan Lebih baik Dibandingkan Arus Kas (Signalling Theory Study Before Pandemic Era)

  • Uswatun Khasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: arus kas, laba, signalling theory

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah diantara arus kas dan laba yang memiliki kemampuan lebih baik dalam memprediksi arus kas masa depan pada dua tahun setelah periode penelitian. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 – 2019 dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Dechow, Kothari, Watts (1997) menemukan bahwa Laba memiliki kemampuan lebih baik dalam memprediksi arus kas masa depan dibandingkan dengan arus kas operasi itu sendiri. Penelitian lain dilakukan oleh Dahler & Febrianto (2006) dengan menggunakan model regresi linier berganda menemukan bahwa Arus kas operasi tahun berjalan memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding laba dalam memprediksi arus kas operasi masa depan baik untuk kelompok perusahaan yang memiliki laba positif maupun laba negatif.

Dengan model yang sama, penelitian ini menyimpulkan bahwa laba memiliki kemampuan lebih baik untuk memprediksi arus kas masa depan dibandingkan dengan arus kas itu sendiri. Tetapi, arus kas masih memiliki kemampuan yang signifikan untuk memprediksi arus kas masa depan. Selain itu, penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwa laba memiliki kemampuan incremental dalam memprediksi arus kas masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ankarath Nandakumar dan Kalpesh J. Metha. 2012. Memahami IFRS (Standar Pelaporan Keuangan Internasional). Jakarta: PT. Indeks.
Dwiati, A. Ratna. (2008). Kemampuan arus kas, laba, dan akrual untuk memprediksi arus kas dan laba masa depan, 60(1). Diambil 6 Oktober 2014, dari Universitas Brawijaya Database.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
IAI. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Jr, Walter T. Harrison., Horngren, Charles T., Thomas, C. William., & Suwardy, Themin. (2013). Akuntansi Keuangan – International Financial Reporting standards – IFRS. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kieso, Donald E, Jerry J. Weydgant, Terry D. Warfield. (2007). Intermediate Accounting. Jakarta: Erlangga.
Kieso, Donald E, Jerry J. Weydgant, Terry D. Warfield. (2011). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.
Martani, Dwi. Veronica NPS, Sylvia. Wardhani, Ratna. Farahmita, Aria. Tanujaya, Edward. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.
Raharjo, G. Dian. (2012). Kemampuan laba dan arus kas untuk memprediksi laba dan arus kas masa mendatang, 63(1). Diambil 6 Oktober 2014, dari Universitas Diponegoro Database.
Rahmawati, Devi. (2008). Kemampuan prediktif laba operasi dan arus kas operasi dalam memprediksi laba operasi dan arus kas operasi berdasarkan fraksi saham pada perusahaan go public di bursa efek Jakarta, 20(1). Diambil 4 oktober 2014, dari Database STIE Perbanas.
Ramon, T. Kostia. (2013). Pengaruh kemampuan prediktif laba dan arus kas operasi dalam memprediksi arus kas operasi masa depan, 28(1). Diambil 4 oktober 2014, dari Universitas Negeri Padang Database.
Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi (Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Malang: BP Universitas Negeri Malang.
Seng, Dyna. (1998). Earnings versus Cashflows as predictors of future cashflows : New Zealand Evidence, 18(1). Diambil 3 oktober 2014, dari OTAGO database.
Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wizi. (2011). Akuntansi modal kerja. Diambil 21 November 2014, dari http://wizii.blogspot.com/2013/03/modal-kerja.html/
Published
2021-12-27
How to Cite
Khasanah, U. (2021). Laba Memprediksi Arus Kas Masa Depan Lebih baik Dibandingkan Arus Kas (Signalling Theory Study Before Pandemic Era). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 49-59. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/66
Section
Articles