Analisis kinerja keuangan PT. Indospring, Tbk. Dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, dan solvabilitas.

  • Muchsin Zuhad Al'Asqolaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
  • Uswatun Khasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
  • Zainab Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: likuiditas, aktivitas, profitabilitas, solvabilitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kinerja PT. Indospring, Tbk selama periode 2014 hingga 2018 untuk melihat kemampuan perusahaan menggunakan rasio. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan memanfaatkan data laporan keuangan dan laporan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan meliputi , rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kinerja keuangan pada PT. Indospring, Tbk selama 2014 hingga 2018 mengalami perubahan setiap tahunnya. Hasil perhitungan rasio likuiditas yang terdiri dari current ratio, quick ratio dan cash ratio untuk periode 2014 hingga 2018 menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran rasio likuiditas PT. Indospring, Tbk termasuk kategori perusahaan yang sehat dan likuid jika dibandingkam dengan rasio rata – rata industri perusahaan yang sejenis. Aset lancar yang dimiliki PT Indospring, Tbk mampu membayar seluruh liabilitas jangka pendeknya. Pengukuran rasio aktivitas yang di ukur menggunakan fixed asset turnover, total asset turnover, receivable turnover, dan inventory turnover untuk periode 2014 hingga 2018 menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran rasio aktivitas PT. Indospring, Tbk termasuk dalam kategori perusahaan yang kurang efektif jika dibandingkan dengan rasio rata – rata perusahaan sejenis. Hal ini disebabkan karena adanya inflansi pembelian bahan baku yang dapat mempengaruhi beban pokok penjualan. Selain itu jumlah permintaan pada tahun 2015 dan 2016 menurun untuk segmen sparepart. Pengukuran rasio profitabilitas yang menggunakan gross profit margin, net profit margin, rate of return investment dan rate of return equity untuk periode 2014 hingga 2018 menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran rasio profitabilitas PT. Indospring, Tbk termasuk dalam kategori perusahaan yang kurang efesien jika dibandingkan dengan rasio rata – rata perusahaan sejenis. Hal ini dikarenakan PT Indospring, Tbk tidak mampu untuk mengendalikan biaya produksi, harga pokok penjualannya, maupun biaya umum diluar produksi yang terjadi karena adanya inflansi dan perubahan kurs rate dollar yang tidak menetap, sehingga perolehan marginnya kurang baik jika dibandingkan dengan rata – rata industri. Pengukuran rasio solvabilitas yang menggunakan total debt to equity ratio untuk periode 2014 hingga 2018 menunjukkan bahwa dari keseluruhan pengukuran rasio solvabilitas PT. Indospring, Tbk termasuk dalam kategori perusahaan yang cukup baik dalam mengelolah modal yang dimililki jika dibandingkan dengan rasio rata – rata perusahaan sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiwibowo, Satriyo. 2013. Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Ukur Kinerja Perusahaan Pada PT. Astaka Millenia Education Cab. Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.

Bursa Efek Indonesia. 2019. Laporan Keuangan & Tahunan. www.idx.co.id . Diakses pada hari Senin , 16 September 2019 pukul 15:20 WIB.

Copyright. 2019. “Analisis Laporan Keuangan Perusahaan”.

Kembar.Pro. AllRight Rese

Gusfianty, Veni. 2018. Pengaruh Likuiditas, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Hedging pada Perusahaan Farmasi yang Terdapat Terdaftar di BEI Periode 2012 – 2016. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung Nomor 154020272

Dewi, Mutia. 2017. Analisis Rasio Keuangan untuk Mengukur Kinerja Keuangan PT Smartfren Telecom, Tbk. Aceh: Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), Vol. 1, No. 1

Drs. S. Munawir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Fahmi, Irham. 2015.Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab.Bandung: Alfabeta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2019.Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : DasarStandar Akuntansi Keuangan.

Kasmir. 2013. “Pengantar Manajemen Keuangan”.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Octa, Eldy. 2011. Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas Dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Ke uangan Koperasi Karyawan ( KOPKAR ) Ruwa Jurai PTPN VII (Persero) Unit Usaha Baturaja. Palembang: Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Bina Darma.

Khasanah, U. 2021. Laba Memprediksi Arus Kas Masa Depan Lebih baik Dibandingkan Arus Kas (Signalling Theory Study Before Pandemic Era). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 49-59.

Sugiyono. 2017.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

PT. Indospring, Tbk. 2019. Sejarah Perusahaan,Visi & Misi Perusahaan. www.indospring.co.id Diakses pada hari Senin , 16 September 2019 pukul 13:30 WIB.

Srilestari, Veronica Nugraheni. 2006. Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Pt. Indofood Sukses Makmur, Tbk, Di Bursa Efek Surabaya (BES) periode 1998 – 2002. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetomo.

Suhendro, Dedi. 2017. Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangam Pada PT Siantar Top Tbk. Sumatera Utara: AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar.

Wadiyo, Anggota Ikatan Akuntan Indonesia. 2019. Artikel Cara Membuat Catatan atas Laporan Keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan. Dipublikasikan pada tanggal 27 Oktober 2019

Warsidi, CA Dosen Falkultas Universitas Jendral Soedirman Anggota Ikatan Akuntan Indonesia. 2019. Artikel Standar Akuntansi Publik Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik. Dipublikasikan pada tanggal 27 Oktober 2019

Published
2022-06-29
How to Cite
Muchsin Zuhad Al’Asqolaini, Uswatun Khasanah, & Zainab. (2022). Analisis kinerja keuangan PT. Indospring, Tbk. Dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, dan solvabilitas. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 7(01), 1-16. https://doi.org/10.59179/jek.v7i01.67
Section
Articles