PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA SISWA AKUNTANSI TERHADAP KECENDERUNGAN MELAKUKAN KECURANGAN AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1. menguji pengaruh minat belajar siswa jurusan akuntansi terhadap kecenderungan siswa dalam melakukan kecurangan akademik pada saat pembelajaran jarak jauh di SMKS Miftahul Ulum Pagelaran Kabupaten Malang. Dan untuk 2. menguji pengaruh perhatian orang tua siswa jurusan akuntansi terhadap kecenderungan siswa dalam melakukan kecurangan akademik pada saat pembelajaran jarak jauh di SMKS Miftahul Ulum Pagelaran Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan pada SMKS Miftahul Ulum Pagelaran Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif-eksplanasi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Miftahul Ulum Pagelaran Tahun Pelajaran 2021 / 2022 yang berjumlah 104 siswa. Metode Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) Perhatian orang tua berpengaruh negatif terhadap kecenderungan melakukan kecurangan akademik. Dan b) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap terhadap kecenderungan melakukan kecurangan akademik pada siswa kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Miftahul Ulum Pagelaran Tahun Pelajaran 2021 / 2022.
Downloads
References
Bernard, Bonnie. 2004. Resiliency : What We Have Learned. San Fransisco: West Edition.
Bjorklund, Mikela, & Wenestam, C. G. 1999. Academic Cheating: Frequency, Methods, and Causes. Paper Presented at the Eurupean Conference on Educational Research, Lahti, Finland.
Christiana, Angela., Alvina Kristiani dan Stevanus Pangestu. 2021. Kecurangan Pembelajaran Daring Pada Awal Pandemi Covid-19:Dimensi Fraud Pentagon.
Davis, Aaker. 2009. Strategic Market Management. Fourth edition : Jhon Wiley & Sons Inc.
Handayani, Trie Yanti dan Zaki Baridwan. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ketidakjujuran Akademik: Modifikasi Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Hendricks. 2004. Academic Dishonesty : A Study in The Magnitude of The Justification for Academic Dishonesty among College Undergraduate and Graduate Student. Journal Of College Student Development. Vol 35. Page 212-260.
Jogiyanto. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur. Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.
McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Trevino, L. K., 2001. Cheating in Academic Institutions : A Decade of Research. Ethics and Behaviour, 11 (3), 219-232.
Moore, Michael E. 2011. Basics of Game Design. New York : Taylor and Francis. Group, LLC.
Murdiansyah, Isnan., Made Sudarma, dan Nurkholis. 2017. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya)
Priyono, Muhammad Aris dan Amanita Novi Yushita. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017.
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja.
Sani, Ridwan Abdullah. 2017. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara. Cetakan. Ke 4.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Ulayya, Aisyah. 2017. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pembuatan Pola Busana Siswa Kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 4 Surakarta.
Copyright (c) 2023 Mashita Ambar Kusuma, Uswatun Khasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.