Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik

  • Mochamad Syafii Universitas Gresik
  • Lailatus Shobiha Universitas Gresik
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasanan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah mengenai pelayanan jasa Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nasabah Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik yang berjumlah 213 nasabah pada akhir tahun 2017. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 69 nasabah. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu proportional sampling. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisa regresi berganda, analisis tabel silang dan uji hipotesa dengan rumus koefisien korelasi.

Dari hasil penelitian ini diperoleh regresi berganda variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel yaitu 20,618 > 3,98 dengan tingkat signifikan F yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Gresik. Dengan ini, kesimpulan hasil penelitian menunjukkan data-data yang telah diperoleh, sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu dari kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta

Akbar, muhammad muzahid dan noorjahan parvez. 2009. customer satisfaction on customer loyalty. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM Spss 23. Semarang: Badan Penerbitan Diponegoro

Hasan, Ali. 2013. Marketing . Yogyakarta: Penerbit Media Presindo

Hidayat, Kadarisman. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah (Studipada Kredit KPR PT. Bank BTN KCP Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 24 No. 1 Universitas Brawijaya

Jill, Grifiin. 2015. Customer Loyalty. Terjemahan Dewi Kartini Yahya. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Edisi Revisi Rezky. Jakarta: Penerbit Rajawali Press

Kotler, Philip. 2013. Manajemen PemasaranEdisi Milenium. Jakarta: Penerbit PT.Prehalindo

Kotler, Philip &Kevin Lane Keller . 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia.Edisi 13 Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2009. Manajemen Pemasaran JasaTeori Dan Praktis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Maming, Jumidah. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Diferensiasi Terhadap Liyalitas NasabahPada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makasar.Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship (HJABE) Vol. 1 No.3 Universitas hasanuddin

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu

Saladin, Djaslim. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Silaban, Rentha Uli Naomi. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.11 No.1, 61-83 ISSN: 0216-1246 Universitas Katolik Parahyangan

Widodo, M. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK TABUNGAN NEGARA CABANG GRESIK. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 1(1), 1-12.

Published
2018-12-28
How to Cite
Syafii, M., & Shobiha, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 3(2), 74-80. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/17
Section
Articles