Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah mengenai pelayanan jasa Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nasabah Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik yang berjumlah 213 nasabah pada akhir tahun 2017. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 69 nasabah. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu proportional sampling. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisa regresi berganda, analisis tabel silang dan uji hipotesa dengan rumus koefisien korelasi.
Dari hasil penelitian ini diperoleh regresi berganda variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel yaitu 20,618 > 3,98 dengan tingkat signifikan F yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Gresik. Dengan ini, kesimpulan hasil penelitian menunjukkan data-data yang telah diperoleh, sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu dari kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik.
Downloads
References
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta
Akbar, muhammad muzahid dan noorjahan parvez. 2009. customer satisfaction on customer loyalty. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM Spss 23. Semarang: Badan Penerbitan Diponegoro
Hasan, Ali. 2013. Marketing . Yogyakarta: Penerbit Media Presindo
Hidayat, Kadarisman. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah (Studipada Kredit KPR PT. Bank BTN KCP Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)Vol. 24 No. 1 Universitas Brawijaya
Jill, Grifiin. 2015. Customer Loyalty. Terjemahan Dewi Kartini Yahya. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kasmir. 2013. Kewirausahaan. Edisi Revisi Rezky. Jakarta: Penerbit Rajawali Press
Kotler, Philip. 2013. Manajemen PemasaranEdisi Milenium. Jakarta: Penerbit PT.Prehalindo
Kotler, Philip &Kevin Lane Keller . 2011. Manajemen Pemasaran Di Indonesia.Edisi 13 Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Erlangga
Lupiyoadi, Rambat. 2009. Manajemen Pemasaran JasaTeori Dan Praktis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Maming, Jumidah. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Diferensiasi Terhadap Liyalitas NasabahPada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makasar.Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship (HJABE) Vol. 1 No.3 Universitas hasanuddin
Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Saladin, Djaslim. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Silaban, Rentha Uli Naomi. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.11 No.1, 61-83 ISSN: 0216-1246 Universitas Katolik Parahyangan
Widodo, M. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK TABUNGAN NEGARA CABANG GRESIK. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 1(1), 1-12.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.