Analisa Gaya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Tri Karya Surabaya
Abstract
Untuk mengetahui berkenaan adanya Pengaruh Gaya Kepemimpinan beserta Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah pada Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP TRI KARYA SURABAYA merupakan tujuan penelitian. Kuantitatif adalah metode pada penelitian yang digunakan, sedangkan total keseluruhan obyek yang menjadi sasaran penelitian adalah 65 orang, data diambil dengan menggunakan kuesioner. Dari hasil analisa ditemukan bahwasanya gaya atau model seseorang dalam memimpin ada pengaruh positif (signifikan) pada peningkatan mutu sebuah lembaga pendidikan, sedangakan keterampilan atau keahlian manajerial seorang pemimpin (pimpinan sekolah) memiliki pengaruh positif (signifikan) pada menigkatanya mutu sebuah lembaga pendidikan, dan variabel gaya kepemimpinan beserta kemampuan (ketrampilan) manajerial kepala sekolah secara bersama ada pengaruh yang positif serta signifikan terhadap peningkatan mutu sebuah lembaga pendidikan, dalam penelitian ini uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi ganda (R), analisis koefisien determinasi (R²), uji t dan uji F, merupakan rangkaian atau tahapan-tahapan analisa yang akan digunakan dalam penelitian.
Downloads
References
Pendidikan. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Prenada Media. Jakarta.
Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Uuntuk Penelitian dan Skripsi. Edisi Pertama. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Cahyo, Oki Dwi. 2015. Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.
Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Hidayah, Nurul. 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cetakan Pertama. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
Mutohar, P. Masrokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
Nikmah, Alfi. 2016. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Jurnal Quality 4(1): 182-198.
Prihatni, Diani. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru Terhadap Mutu Sekolah (Studi Analisis Deskriptif pada SMAN di Kabupaten Sumedang). Jurnal Manajerial 10(19): 101-111.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Edisi Pertama. CV Andi OFFSET. Yogyakarta.
Suryani, dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Cetaka Pertama. Prenadamedia Group. Jakarta.
Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization). Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung.
Yusak, Muhammad. 2015. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di MTs. Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut gama Islam Negeri (IAIN). Tulungagung
Copyright (c) 2020 Susilo Aji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.