Pengaruh Kelompok Referensi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Notaris/Ppat

  • Nur Fadila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate
  • Muji Widodo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: Kelompok Referensi, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Penggunaan Jasa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi dan kepercayaan konsumen baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan penggunaan jasa Notaris/PPAT Ami Raditya, S.H., M.Kn.. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh secara parsial variabel kelompok referensi terhadap keputusan penggunaan jasa Notaris/PPAT Ami Raditya, S.H., M.Kn..Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel Kelompok referensi sebesar -1,668 dan nilai signifkansi sebesar 0,099 (2) Terdapat pengaruh secara parsial variabel kepercayaan konsumen terhadap keputusan penggunaan jasa Notaris/PPAT Ami Raditya, S.H., M.Kn.. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel kepercayaan konsumen sebesar 7,806 dan nilai signifkansi sebesar 0,000 (3) Terdapat pengaruh secara simultan kelompok referensi dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan penggunaan jasa Notaris/PPAT Ami Raditya, S.H., M.Kn., dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 30,636 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji R2 (R square) sebesar 37,4%  sisanya 62,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Nugroho Setiadi. 2019. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. ketiga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. pertama. bogor: Ghalia Indonesia.
Kartikasari, D. zainul Arifin, Kadarisman Hidayat. 2013. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 3(2):74110.
Peter, Olson. 2013. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. 9th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Kedua. Bandung: ALFABETA.
Sumarwan, Ujang. 2015. PERILAKU KONSUMEN. kedua. bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2021-06-30
How to Cite
Fadila, N., & Widodo, M. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Notaris/Ppat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(1), 1-10. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/33
Section
Articles