Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Pocari Sweat Di Toko Bintang Baru Ujungpangkah

  • Ichda lailatus saidah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate
  • Susan Dicky Dewa Panjilaksana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: Harga dan Promosi Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja di Toko Bintang Baru Ujungpangkah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Toko Bintang Baru Ujungpangkah. Pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsiklasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokesdastisitas), dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh secara parsial harga terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja di Toko Bintang Baru Ujungpangkah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variable harga sebesar 2,573 dan nilai signifkansi sebesar 0,012; (2) Terdapat pengaruh secaraparsial promosi terhadap keputusan pembelin dalam berbelanja di Toko Bintang Baru Ujungpangkah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variable lokasi sebesar 3,203 dan nilai signifkansi sebesar 0,002; (3) Terdapat pengaruh harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja di Toko Bintang Baru Ujungpangkah, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 17,331 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji R2 (R square) sebesar 26,3%, sedangkan sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danang Suyonto. 2014. STUDI KELAYAKAN BISNIS. pertama.
Fahmi, Irham. 2017. MANAJEMEN STRATEGIS Teori Dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.
J. Paul Peter Jerry. 2018. PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN. 9th ed. jakarta: salemba empat.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. MANAJEMEN PEMASARAN. 13th ed. PT. Indeks.
Nitisusastro. 2012. “ANALISIS HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA RENTAL MOBIL DI SURAKARTA.” Jurnal Program Studi Manajemen STIE Surakarta.
Slamet, Franky, Hetty Karunia Tunjungsari dan Mei Le. 2016. DASAR-DAAR KEWIRAUSAHAAN TEORI DAN PRAKTIK. jakarta: PT. Indeks.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. PEMASARAN Esendi Dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.
Ujang Sumarwan. 2015. PERILAKU KONSUMEN Teori Dan Penerapanya Dalam Pemasaran. 2nd ed.
Al’asqolaini, M. Z., & Musthofa, A. J. (2020). Kualitas Produk dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 240-252. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2369
Published
2021-06-30
How to Cite
lailatus saidah, I., & Dewa Panjilaksana, S. D. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Pocari Sweat Di Toko Bintang Baru Ujungpangkah. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(1), 11-19. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/34
Section
Articles