Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Usaha Bersama Tirta Buana Terhadap Kepuasan Anggota di Desa Banyuurip Ujungpangkah Gresik

  • Syifaaul Qulub Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate
  • Umi Elan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: kualitas pelayanan dan Kepuasan anggota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan  terhadap kepuasan anggota dalam berbelanja di Koperasi Usaha Bersama Tirta Buana. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :  (1) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan angoota dalam berbelanja di Koperasi Usaha Bersama Tirta Buana. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung variabel kualitas pelayanan sebesar 3.162 dan nilai signifkansi sebesar 0,000; (2) Hipotesis yang dikemukakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota di Koperasi Usaha Bersama Tirta Buana di Desa Banyuurip Ujungpangkah terbukti kebenarannya. Kualitas pelayanan dalam kepuasan anggota yang bersifat positif, dimana dalam peningkatan nilai kualitas pelayanan dalam koperasi maka dapat meningkatkan kepuasan anggota dalam melakukan pembelian barang-barang di koperasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menujukan variabel independen secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan anggota. Hasil uji sebesar 78,6 %, sedangkan sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. jakarta: KENCANA.

Donowuryanto, Naryono. 2002. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Dalam Menabung.” Universitas diponegoro semarang.

Farid, Muh Umar. 2012. “Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Shu Koperasi Nelayan Mina Kabupaten Banyuwangi.” Skripsi.

Kotler, Philip. 2008. “Manajemen Pemasaran Jilid I.” jakarta.

Kusdayanti, Niken. 2016. “Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia.” Skripsi.

Priyatno, Duwi. 2018. SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum. edited by Giovanny. Yogyakarta: ANDI.

Sauri, Supian. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Anggota Di Pusat Koperasi Syariah Alkamil Jawa Timur.” Universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang.

Silalahi. Ulber. 2012. Metodologi Penelitian Sosial Kuantitatif. jakarta: REFIKA ADITAMA.

Subagiyo, Ahmad. 2012. “Peranan Koperasi Nelayan Mina Blambangan Terhadap Perkembangan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Muncar.” Skripsi.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITATIF DA KUALITATIF. ke-1. Bandung: ALFABETA.
Published
2021-06-30
How to Cite
Qulub, S., & Elan, U. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Usaha Bersama Tirta Buana Terhadap Kepuasan Anggota di Desa Banyuurip Ujungpangkah Gresik. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(1), 20-30. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/35
Section
Articles