Analisis Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Penjualan Susu Kedelai UD Pak Suroto Berastagi

  • Latifah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhrinal M Nawawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kata Kunci: Analisis, Loyalitas, dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mengevaluasi loyalitas dan harapan konsumen terhadap tingkat penjualan susu kedelai UD Pak Suroto. Tinjauan literatur dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang dilakukan dalam riset penelitian berupa kuisioner atau angket guna mengetahui pengetahuan responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jika pelanggan merasa kurang puas terhadap produk yang mereka beli maka minat beli pelanggan berkurang sehingga pelanggan juga menjadi tidak loyal, dan hal tersebut tentunya akan berdampak pada tingkat penjualan. UD Pak Suroto membuat susu kedelai tidak hanya satu macam rasa saja, melainkan beberapa rasa dengan memberikan kombinasi seperti cokelat, buah terhadap susu kedelainya demi menarik selera pelanggan agar tidak bosan dengan susu kedelai yang mereka beli, hal tersebut dilakukan oleh Pak Suroto guna menjadikan pelanggan merasa puas dan terus membeli susu kedelai. Kepuasan pelanggan adalah tingkat daripada kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan yang terpenuhi, yang menyebabkan pembelian berulang dengan loyalitas secara berkelanjutan. Maka untuk itu demi memperhatikan tingkat penjualan, penting bagi UD Pak Suroto untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan dan menjadikan pelanggan loyal akan produk mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armistead, C. d. (1996). Customer Service and Support (Layanan dan Dukungan Kepada Pelanggan). Jakarta: PT Elex Media Komputindo-Kelompok Gramedia.
Engel, J. R. (1995). Consumer Behaviour. Eighth edition. Fort Worth: The Dryden Press.
Indahingwati, A. (2019). Kepuasan Konsumen Dan Citra Institusi Kepolisian Pada Kualitas Layanan Sim Corner di Indonesia. Surabaya: CV Jakad Publishing.
Kotler, P. d. (1997). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga, Jilid I. Jakarta: Penerbit PT Prenhallindo.
Lovelock, C. d. (1999). Principles of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Prihastono, E. (2015). Pengukuran Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Customer Service Berbasis Web. Jurnal eknologi Informasi Universitas Stikubank Semarang, Vol. VI, No. 1. Halaman 18 – 19.
Rohaeni, H. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 2. Halaman 314.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Theresia Widyaratna, D. F. (2001). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris (Studi Kasus Pada Ayam Penyet Sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 85-95.
Published
2021-12-30
How to Cite
Latifah, & M Nawawi, Z. (2021). Analisis Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Tingkat Penjualan Susu Kedelai UD Pak Suroto Berastagi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 56-64. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/39
Section
Articles