Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Dan Pemasaran Bisnis Rumahan “ Buket Novi Sari ”

  • Syofiah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: : social media, promotion, marketing,

Abstract

Home business is one type of micro and small business (MSME) which is seen from its economic scale which is still low but is able to become one of the important parts in the economy of a country with the number of home businesses currently very large and dominant. The purpose of this study was to find out and analyze the use of social media as a promotion and marketing strategy by the "Novi Sari" bouquet home business located on Jl. Surapati lk. Lll Ps. Sibuhuan. This scientific article focuses on the Promotion and Distribution strategies employed by this home business. This analysis method is an interview observation research where the author collects and records data directly to the location of this business, and conducts direct interviews with sources. The results of the analysis of the use of social media as promotion and marketing by the bouquet home business "Novi Sari" located on Jl. Surapati lk. Lll Ps. This Sibuhuan. Based on the results of observations, it can be said that there are several stages that affect the success of promotion and marketing strategies through social media, namely (1) Creating a special account (2) Utilizing all social media features (3) Daily updates (4) Product descriptions (5) Utilizing hashtags from buyers (6) Fast and friendly service (7) Make discounts or discounts (8) Give bonuses for every purchase (9) Make honest ads (10) On testimonials from customers.

Keywords: social media, promotion, marketing,                                         

Usaha rumahan merupakan salah satu  jenis usaha mikro kecil menengah ( UMKM ) yang yang jika dilihat dari skala ekonominya yang masih termasuk rendah tetapi mampu menjadi di satu diantara bagian penting  dalam perekonomian suatu negara dengan jumlah  usaha rumahan saat ini sudah sangat besar dan dominan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seputar pemanfaatan media sosial  sebagai strategi promosi dan pemasaran oleh bisnis rumahan buket ”Novi Sari” yang berlokasi di Jl. Surapati lk. Ill Ps. Sibuhuan. Artikel ilmiah ini terfokus kepada strategi promosi dan Pemasaran yang dipakai oleh bisnis rumahan ini. Metode analisis ini adalah menggunakan penelitian observasi wawancara dimana penulis melakukan pengumpulan dan pencatatan data dengan tinjauan langsung ke lokasi bisnis ini, dan melakukan wawancara secara langsung dengan narasumber. Hasil dari analisis pemanfaatan media sosial sebagai strategi promosi dan pemasaran oleh bisnis rumahan buket “Novi Sari” yang berlokasi di Jl. Surapati lk. Ill Ps. Sibuhuan ini. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tahapan-tahapan yang mempengaruhi berhasilnya strategi promosi dan pemasaran melalui media sosial yaitu (1) Membuat akun khusus bisnis (2) Memanfaatkan semua fitur medsos (3) Update setiap hari (4) Description product (5) Memanfaatkan hashtag dari pembeli (6)Pelayanan yang cepat dan ramah (7) Melakukan diskon atau potongan harga (8) Memberikan bonus setiap pembelian (9) Buat iklan yang jujur (10) Tunjukkan testimoni dari pelanggan.

Kata kunci : media social, promosi, pemasasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmarani. (2018). Luna Buket Bunga. 1-19.

Cature Harsito, A. M. (2021). Penerapan Tekhnlogi Tepat Guna Sebagai Peningktan Kapasitas Mesin Pengayak

Pasir Tipe Rotary dan Usaha Dusun Tanggalan, Kabupaaten Karanganyer. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 1-12.

Danang Sanggabuana, S. A. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Usaha Kecil dan Menengah / Ukm Sentra Industri Keramik Plered,Kabupaten Purwakarta. Jurnal Komunikasi, 172-181.

Dawin Lie, S. M. (2019). Pengantar Bisnis. Medan: Madenatera.

Dewantoro, A. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Balance Scorecard Terhadap Kinerja Usaha Mikro di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 55-63.

Dewi, A. T. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Bouqet Bunga . Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera utara Medan.

Dinda Sekar Puspitarani, R. N. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Junal Common, 71-80.

Fedianty Augustina, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 1-20.

Giovanni Myra Antnia Ferdaus, M. C. (2017). Yavana Flores. Stmik Gi Mdp, 1-12.

Marasabessy, A. I. (2021). Enterpreunersip : Membangun bisnis dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan , 151-157.

Marisa Rizki N.H, N. R. (2017). Perencanaan E-Business Queeny Bouquet. UISI, 1-30.

Nugraha Arif Karyanta, S. M. (2016). Peningkatan Pemasaran Produk Mebel Melalui Implementasi Teknik Pemasaran Online. JKB /Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 31-36.

Rita Januarwati, E. P. (2014). Analisis Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Bunga "Cindy" di Jl.Kayoon Utara No.12 Gentengkali. Jurnal Bisnis Indonsia, 155-164.

Sibagariang, S. H. (2020). Pengaruh Media Sosial dan Kreatifitas Berwirausaha Terhadap keberhasilan Usaha Buket Bunga di Pasar Tradisional Kota Medan. Medan: Universitas Sumater Utara.

Wahyuddi Albra, D. L. (2019). Usaha Kecil dan Kewirausahaan Pola Pikir,Pengetahuan,Keterampilan. Medan: Madenatera.

Wibowo, E. L. (2018). Rencana Bisnis "Melati Wibowo Sekar" Dengan Menggunakan Strategi Diferensiasi Produk. Journal of Enterpreunership, 47-51.

Yulianti. (2019). Analisis StrategiAnalisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Lampung: Raden Intan Lampung.

Published
2021-12-30
How to Cite
Harahap, S. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Dan Pemasaran Bisnis Rumahan “ Buket Novi Sari ”. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 9 - 17. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/45
Section
Articles