Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban

  • Fadhilah Eka Pravitasari STIE NU Trate Gresik
  • Husnul Khuluq Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: kepuasan konsumen, kualitas produk, harga, kualitas pelayanan

Abstract

Berkembangnya industri kendaraan bermotor dan ketatnya persaingan usaha kendaraan bermotor roda dua membuat perusahaan kendaraan bermotor semakin besaing untuk meraih pelanggan. Kepuasan konsumen menjadi salah satu hal yang penting agar pelanggan mempercayai perusahaan dan dealer dalam penelitian ini yaitu Dealer Honda Daya Motor Tuban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variable kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan purposive sampling sehingga terkumpul 97 orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 55% kepuasan konsumen pada Dealer Honda Daya Motor Tuban dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan yang diteliti terbukti meningkatkan kepuasan konsumen pada dealer Honda Daya Motor Tuban.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggatra Setya Buana, Arya. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Bengkel Service Honda Cahaya Sakti Motor Jl. Dr. Rajiman No.657 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media. Malang.

Fakhri Nugroho, Muhammad. 2016. Pengaruh Servis Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Honda Utama Motor Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ketiga belas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Jilid 1. Alih Bahasa Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

_____. 2012. Marketing Management. Edisi Empat Belas. Gramedia. Jakarta.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha ilmu. Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan A, Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi dua. Salemba Empat. Jakarta.

Nur Ali Ramadhan, M. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Servis Berkala Pada Dealer Nissan Basuki Rahmat Di Kota Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Prayitno, Duwi. 2014. SPSS: Pengolahan Data Terpraktis. Edisi Satu. Andi. Yogyakarta.

Rizan, Mohammad dan Fajar Andika. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Suzuki Dealer Fatmawati Jakarta Selatan). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 2(1) : 130-150.

Setiyanigrum, A., Udaya, j. dan Efendi. 2015. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi satu. Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabetha. Bandung.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Tiga. Andi. Yogyakarta.

_____. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Andi. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Edisi Tiga. Andi. Yogyakarta.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Edisi lima. Rajawali Pers. Jakarta.

http://bmspeed7.com/2018/01/09data-aisi-2017-penjualan-motor-di-indonesianyaris-6-juta-unit/ diakses tanggal 25 maret 2018.

http://kabartuban.com/jumlah-kendaraan-di-tuban-terus-meningkat/16213 di akses tanggal 17 oktober 2018.

Published
2021-12-27
How to Cite
Pravitasari, F. E., & Khuluq, H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dealer Honda Daya Motor Tuban. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 6(2), 37-48. Retrieved from http://journal.stienugresik.ac.id/index.php/jek/article/view/62
Section
Articles