PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK PPK1 PT PETROKIMIA GRESIK

  • Heru Susanto stienutrate
  • Nur Mufarokhah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi NU Trate Gresik
Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

This study aims to examine the effect of service quality and facilities to the patient satisfaction at the PPK1 clinic of PT Petrokimia Gresik. This study uses a quantitative approach with multiple regression analysis method. The population in this study is the average number of patient visits per month is 4331. Determination of the sample using the Slovin theory with a sample of 100 respondents. The sampling technique used to non-probability sampling. The data collection technique uses a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used descriptive analysis and multiple linear regression analysis and classical assumption test. Data analysis using the IBM SPSS 27 programs. The results showed that there was a partial effect of service quality on patient satisfaction at PT Petrokima Gresik's PPK1 clinic with t test results tcount > ttable, namely 2,544 > 1,984 and a significant level of 0,013 < 0,05. Facilities have a partial effect on patient satisfaction at the PPK1 clinic of PT Petrokimia Gresik with the results of the t test being tcount > ttable, namely 3,412 > 1,984 and a significant level of 0,001 < 0,05. Service quality and facilities have a simultaneous effect on patient satisfaction at the PPK1 clinic of PT Petrokimia Gresik with the results of the F test being Fcount > Ftable, which is 29,126 > 3,09 and a significant level of 0,000 < 0,05.

Keywords: Service Quality, Facilities, Patient Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Al'Asqolaini, M. Z., & Khasanah, U. (2022). Analisis kinerja keuangan PT. Indospring, Tbk. Dengan menggunakan analisis rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, dan solvabilitas. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 7(01), 1-16.

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Dewi, Ritna Rahmawati. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening. Surakarta: Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya.

Fandy, Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Fandy, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. 2015. Pelanggan Puas ? Tak Cukup. Yogyakarta. Andi.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. 2012. Dasar-Dasar Ekonomitrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hasibuan, Rahman dan Fajar, Muhammad Ibnu. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap di Rumah Sakit Embung Fatimah Batam. Riau: Jurnal Equilibiria Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam.

http://petrograhamedika.com/logo.php. Diakses pada: 28 Agustus 2022 Pukul 21:03

Husen Umar. 2012. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Edisi 12. Jakarta: PT Sun.

Kertajaya, Hermawan. 2013. Tourism Marketing edisi 3.0. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Amstrong. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kellers. 2016. Marketing Management edisi 15. United States: Pearson Education.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Edisi ke 3. Manjaemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi . Jakarta: Salemba Empat.

Rizal, Rosiana, Suardi Muslim, dan Yulihasri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien. Padang: Jurnal Sains Farmasi dan Klinis

Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis.Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, Singgih. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta:

Pustaka Baru Press, 2015.

Sumarwan, Ujang. 2012 Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sunyoto, Danang. 2013. Pengukuran Tingkat Pelanggan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Politeknik Negeri Semarang.

Syahrum dan Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tanudjaya, Pratama Kesuma. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Klinik Gigi Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Sehingga Meningkatkan Keinginan Untuk Berobat Kembali. Jakarta: Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa.

Tjiptono & Chandra, G. 2011. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI

Tjiptono dan Diana. 2011. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tri Irfa Indrayani, Welia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam (Rsi) Siti Rahmah. Padang: Jurnal Menara Ekonomi.

Published
2023-12-27
How to Cite
Susanto, H., & Mufarokhah, N. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK PPK1 PT PETROKIMIA GRESIK. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Kreatif, 8(02), 81-94. https://doi.org/10.59179/jek.v8i02.93
Section
Articles